Bismillahirrohmanirrohim…

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 15 Juni 2012

Notula Diskusi


CONTOH NOTULA DISKUSI KELOMPOK                     

                                       Horizontal Scroll: LAPORAN HASIL DISKUSI

1.     MATERI
BAHAYA CREAM PEMUTIH WAJAH”
WAJAH putih, cantik, dan bersih, siapa sich yang tidak mau. Tak heran kalau para wanita sering sibuk memilih kosmetika yang membuat kulit wajah dan kulit tubuhnya terlihat putih.
Katanya kulit putih akan menambah kecantikan bagi seorang wanita sehingga banyak wanita yang berlomba – lomba memakai pemutih. Ditambah lagi Tren mode budaya jepang dan korea menjadi ikon saat ini, menjadikan adanya minat wanita yang tinggi untuk memiliki kulit putih ala wanita jepang dan korea tersebut.  Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan terhadap krim wajah yang berkhasiat memutihkan wajah. Kondisi ini dipandang sebagai kesempatan emas oleh produsen kosmetik dengan mengeluarkan produk yang mempunyai khasiat memutihkan wajah. Harganyapun tidak tanggung-tanggung hingga mencapai ratusan ribu. Keinginan untuk memiliki kulit wajah putih namun tidak sesuai dengan kondisi keuangan membuat banyak wanita mencoba produk pemutih wajah dengan harga murah atau asal asalan pilih saja. Namun, ternyata banyak diantara kosmetik yang beredar itu mengandung merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan tubuh sehingga bukan wajah putih yang didapatkan, tetapi wajah semakin rusak karena krim wajah yang berkhasiat memutihkan tersebut termasuk kosmetik berbahaya dengan kandungan kimia yang peredarannya sudah dilarang, ,lalu apa sich yang menyebabkan para wanita memilih cream pemutih ini?  bahan bahan berbahaya yang dilarang dalam cream pemutih adalah:
Merkuri
Merkuri dikenal juga dengan nama kimia Hg /air raksa. Kandungan ini banyak terdapat dikosmetik berbahaya untuk pencerah wajah. Pemakaian merkuri dalam konsentrasi kecilpun dapat bersifat racun.
Pemakaian Merkuri (Hg) dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.
Hidrokuinon
Hidrokuinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, serta bercak-bercak hitam.
Asam Retinoat / Tretinoin / Retinoic Acid
Bahan ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin).
Bahan pewarna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075)
Ketiga bahan ini merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.
Dampak jangka panjang yang akan didapat dari penggunaan produk kosmetik berbahaya tersebut antara lain gangguan sistem saraf, seperti tremor, insomnia, kepikunan, gangguan penglihatan, gerakan tangan abnormal (ataxia), gangguan emosi, gagal ginjal, batu ginjal.
Sebagai zat kimia, merkuri sendiri jika dioleskan ke wajah akan menimbulkan radang. Kondisi ini menyebabkan kapiler – kapiler di wajah akan melebar sehingga aliran darah yang menuju kulit wajah akan meningkat. Hal ini menyebabkan tampak merah, bengkak dan meradang pada wajah dan menimbulkan rasa nyeri.
Biasanya efek ini timbul mulai 2 minggu – 1 bulan setelah pemakaian tergantung dari sensitifitas kulit dan banyaknya dosis merkuri di dalam cream pemutih. Jika hal ini terjadi maka tak lama kemudian akan menimbulkan kerusakan pada kulit seperti timbul flek hitam, benjolan – benjolan, rasa nyeri seperti terbakar, kemerahan, dan sebagainya.
Selain itu penggunaan merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker dan kerusakan ginjal. Loc kenapa? Penyebabnya Merkuri yang terserap ke dalam tubuh melalui kulit. Untuk itu perhatikan krim pemutih yang Anda gunakan. Caranya?
a)       Krim pemutih bisa digolongkan sebagai kosmetik dan obat, tergantung jenis dan kadar zat berkhasiatnya. Kosmetik pemutih boleh dijual bebas di pasaran sedang obat pemutih harus dengan resep dan dibawah pengawasan dokter.
Perbedaaannya berdasarkan tingkat keamanan penggunan zat berkhasiatnya. Seperti kadar pemutih Hidroquinon untuk kosmetik hanya diperbolehkan 2%, lebih dari itu harus diperlakukan sebagai obat, dan asam retinoat yang bersifat mengelupaskan kulit hanya boleh dipakai dibawah pengawasan dokter.
b)       Krim pemutih menggunakan campuran bahan kimia dan atau bahan lainnya dengan khasiat bisa memucatkan noda hitam (coklat) pada kulit. Tujuan penggunaannya dalam jangka waktu lama agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Tetapi penggunaan yang terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen.
c)        Begitu pula dengan pemutih instant, umumnya bisa menimbulkan efek rebound yaitu bisa memberikan respon berlawanan saat pemakaian dihentikan.
d)       Mulanya memang menggiurkan, hanya dalam beberapa minggu tampak terlihat perubahan seperti kulit menjadi kenyal, mulus, kerutan hilang, dan lebih putih.
Tetapi begitu dihentikan kulit menjadi gelap atau timbul flek – flek bahkan merah seperti udang rebus. Pemakaian hidroquinon yang berlebihan akan menimbulkan iritasi kulit langsung dan jika dihentikan kulit akan menjadi seperti semula bahkan lebih buruk.
e)       Lebih parah lagi mercuri yang sudah dilarang untuk digunakan pada krim pemutih, memang menjadikan kulit tampak putih mulus tetapi lama kelamaan akan mengendap di bawah kulit. Setelah bertahun – tahun kulit akan biru kehitaman bahkan memicu timbulnya kanker.
f)        Berdasarkan informasi para ahli, semenjak maraknya produk krim pemutih di pasaran, jumlah penderita dermatitis kontak yang berobat ke pelayanan kesehatan bertambah. Penyebabnya adalah alergi yang ditimbulkan zat – zat kimia dari krim pemutih. Pengobatan semakin sulit ketika zat kimia penyebabnya tidak diketahui karena produknya tidak terdaftar atau illegal, akibat dari pelabelan yang tidak jelas. (bagi pengalaman metrotv). Ok kita lanjut lagi..
g)       Ternyata banyak produk krim pemutih yang melanggar peraturan baik dari segi iklan maupun komposisinya, seperti menjanjikan efek instant dengan harga relatif murah. Konsumen mudah percaya bila penjual yang merangkap pemakai merayu dengan menunjukkan kulit muka yang kenyal, mulus, kerutan hilang, dan tampak putih. Hasil yang menakjubkan membuat konsumen lupa bertanya tentang efek samping dan cara pakai yang benar serta isi sebenarnya dari krim pemutih tersebut.
h)       Memilih kosmetik merupakan hak konsumen, Karena itu iklan atau promosi bagi produsen menjadi sangat penting. Konsumen tidak mengetahui bahwa kosmetik tidak boleh berkhsiat atau mempengaruhi metabolisme tubuh seperti obat. Belum lagi cara pakai yang salah, seperti perempuan – perempuan dengan wajah mengkilat memakai produk pemutih berjalan – jalan di siang hari padahal seharusnya tidak boleh terkena sinar matahari.(dari berbagai sumber)

Lalu gimana caranya milih kosmetik yang benar? Jangan pilih kosmetik:
1.        TIDAK ADA IJIN BPOM
2.        TIDAK ADA IJIN BPOM tapi ada sertifikat hasil test dari k..ia f..ma/sucof..do/lab UI/ atau apapun itu? TETAP WASPADAI!! Karena TIDAK ADA SATUPUN DARI LAB TERSEBUT YANG MENYEDIAKAN FASILITAS LAYANAN UNTUK KONSUMEN UNTUK MENGECEK KEBENARAN HASIL TEST TERSEBUT
3.        TIDAK DIKELUARKAN OLEH KLINIK DI BAWAH PENGAWASAN DOKTER
4.        (KATANYA) DIRACIK DOKTER TAPI DIJUAL DI INTERNET. Kenapa? KARENA ANDA TIDAK MUNGKIN MENGECEK KEBENARAN KEBERADAAN DOKTER TERSEBUT,
5.        ATAUPUN JIKA ADA DOKTER DG NAMA TERSEBUT ANDA TIDAK MUNGKIN TAHU APAKAH BENAR DOKTER TERSEBUT BENAR MENGELUARKAN KRIM RACIKAN TERSEBUT.
Tentu Anda tidak ingin kan mendapatkan kulit putih tapi ternyata berbahaya untuk tubuh Anda. Nah untuk itu, mulai gunakan bahan Cream herbal alami untuk perawatan wajah Anda dan singkirkankrim wajah yang mengandung bahan berbahya.Semoga bermanfaat.
2.     NOTULA  HASIL DISKUSI (26 April 2012)

Mata Pelajaran       :  Bahasa Indonesia
Nama Acara           :  Diskusi
Tema Diskusi          :  Bahaya Krim Pemutih
Moderator              :  Dony Cahyono
Penyaji                    :  Zulliyah


Anggota Kelompok:   -   Darmi’in
-          Khoirul mustaghfirin
-          Rivatul Muzayanah
-          Novi Hayati


Peserta Diskusi
Pertanyaan
Tanggapan Kelompok
Ket.
Fajar Agus T.
Berapa banyak orang yang terkena efek samping krim pemutih tersebut?
Jumlah penderita efek samping krim pemutih tidak dapat diketahiu jumlah pastinya. Tetapi badan Researce di Jakarta telah mengetahui presentase penderita efek samping krim pemutih dan informasi tersebut tidak di sebarluaskan.

Andi Ahmad
Bagaimana caranya memilih kosmetik yang baik agar kita yakin?
Jangan memilih krim pemutih dengan criteria seperti berikut :
1.        Tidak ada ijin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)
2.        TIDAK ADA IJIN BPOM tapi ada sertifikat hasil test dari k..ia f..ma/sucof..do/lab UI/ atau apapun itu? TETAP WASPADAI!! Karena TIDAK ADA SATUPUN DARI LAB TERSEBUT YANG MENYEDIAKAN FASILITAS LAYANAN UNTUK KONSUMEN UNTUK MENGECEK KEBENARAN HASIL TEST TERSEBUT
3.         TIDAK DIKELUARKAN OLEH KLINIK DI BAWAH PENGAWASAN DOKTER
4.        (KATANYA) DIRACIK DOKTER TAPI DIJUAL DI INTERNET. Kenapa? KARENA ANDA TIDAK MUNGKIN MENGECEK KEBENARAN KEBERADAAN DOKTER TERSEBUT,
5.        ATAUPUN JIKA ADA DOKTER DG NAMA TERSEBUT ANDA TIDAK MUNGKIN TAHU APAKAH BENAR DOKTER TERSEBUT BENAR MENGELUARKAN KRIM RACIKAN TERSEBUT.

Anafiatul M.
Bagaimana cara untuk mengetahui gejala yang timbul dari ketidakcocokan akan pemakaian krim pemutih tersebut? dan apabila zat kimia sudah banyak diserap oleh kulit, apa yang harus kita lakukan?
Sebelum kita menggunakan produk krim pemutih tersebut, sebaiknya kita lihat dulu komposisi dari produk tersebut. Dan apabila kita belum mengetahui zat-zat yang berbahaya yang dimaksud, kita bisa berkonsultasi ke dokter kulit atau browsing di Internet tentang bahaya zat kimia yang terdapat pada krim pemutih tersebut. Untuk pemakaian pertama sebaiknya dicoba dibelakang telinga untuk mengetahui gejala yang muncul. Dan olesi wajah dengan perasan air jeruk nipis untuk mengetahui kondisi kulit kita



3.     KESIMPULAN
Kita sebagai manusia pasti ingin melakukan perawatan diri khususnya perawatan wajah, yang memang akan menunjang penampilan. Tetapi dalam perawatan diri kita juga harus memperhatikan hal-hal kecil yang sering kita abaikan dan berbahaya bagi diri kita. Misalnya kita ingin memiliki wajah putih dan bersih tetapi kita juga harus mengetahui bahaya krim pemutih wajah yang kita gunakan. Banyak sekali produser krim pemutih wajah yang sengaja menambahkan bahan kimia pada produk keim pemutih,padahal mereka juga tahu bahaya krim tersebut. Semua itu dilakukan untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin. Tetapi efek yang ditimbulkan bagi pengguna produk tersebut sangat fatal. Misalnya kulit wajah kita menjadi kasar, panas, gatal, bahkan bias mengakibatkan kanker wajah yang begitu berbahaya. Jadi kita harus pandai dan jeli dalam memilih kosmetik yang akan kita gunakan. Kita juga harus mengetahui hasil uji tes klinik/BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) tetapi semua itu juga tidak bias menjamin kemutakhiran krim pemutih tersebut. Sebaiknya Konsultasi dengan dokter kulit wajah terlebih dahulu apabila kita ragu-ragu dengan krim tersebut. Dan untuk mengetahui kesehatan kulit kita, kita juga bisa mengoleskan perasan air jeruk nipis ke wajah kita, apabila wajah kita terasa perih dan gatal, itu adalah tanda bahwa wajah kita tidak sehat(terdapat luka dalm wajah kita). Tetapi apabila wajah kita tidak merasakan perih setelah diolesi dengan perasan air jeruk nipis, maka wajah kita dalam kondisi sehat. Jadi semua itu tergantung dari diri kita sendiri. Bagaimana kita pandai dan jeli memilih krim pemutih yang baik untuk diri kita, namun ada baiknya jika kita menggunakan bahan pemutih alami buatan kita sendiri agar kita lebih yakin dan efek negative yang ditimbulkan juga minimal.






Writed by : Dony_Cahyono

0 komentar:

 

Blogger news

Blogroll